Skin Care dan Make Up, Bedakah?

Monday, September 07, 2015

(Gambar diambil dari google dikarenakan kamera HP lagi error)
(Gambar Silky Girl)
Pernah denger orang bilang “Ah gue mah natural orangnya, nggak pernah dandan, gapernah pake pelembab, alami muka gue tuh. Apaan tuh pake pelembab? Iyuwhs cantiknya dandan.” Entah kenapa langsung gatel banget pengen kasih tau, tapi ya masak tiba-tiba nyelonong kasih tau? Hihi. Akhirnya ditulis aja deh mending, biar pada lebih aware.

Oh jadi pelembab sama make up itu beda? OH BEDA! Tepatnya skin care itu beda sama make up, bedanya? Bedanya ada di fungsi dan manfaan #tsah.

kalau skin care itu tujuannya untuk merawat, dan menjaga dalam jangka panjang; jadi lebih baik digunakan untuk rutin, untuk menjaga kulit kita dari polusi, sinar matahari, radikal bebas, dll.
Sedangkan make up tujuan fungsi dan manfaatnya adalah, untuk mengkoreksi flaw dan menonjolkan feature di wajah atau badan kita, tapi cuma dalam waktu sekejap.

Ngg, bahasanya serawutannya? Hihi :3 ambil contoh lipbalm dan lipstick. Lipbalm bisa untuk lip therapy, prepare bibir sebelum pakai lipstick biar nggak pecah-pecah, bisa juga digunakan untuk menjaga bibir dari paparan sinar matahari kalau lipbalm nya ada SPF atau UV Protection. Atau untuk malam hari sebelum tidur, gunakan lip balm untuk merawat bibir biar paginya lebih lembut dan lembab. Tapi hasilnya nggak bisa sekali ulas langsung terlihat, tapi mungkin ada jeda beberapa jam atau menit, atau bisa terasa manfaatnya setelah beberapa hari pemakaian; intinya, nggak bisa saat itu juga terlihat. Kalau dilakukan rutin, maka bagus untuk kesehatan bibir.
Sedangkan untuk lipstick, manfaatnya adalah memberi warna pada bibir kita, hasilnya dapat kita lihat pada pertama kali pemakaian; langsung bisa dilihat. Tapi hasilnya hanya saat menempel sih, lipstick nggak bisa bertahan lama; setelah kita bersihkan ya nanti akan kembali kewarna bibir kita yang asli sih.

Terus? Pemakaian skin care dan make up, penting mana? Dua-duanya penting sih; kalau untuk skin care dia PENTING PAKAI BANGET, dari skala 1 sampai 10; skin care ini aku baeri nilai 11, jadi SKIN CARE ITU SANGAT AMAT PENTING. Terus kalau make up? Penting! Biar cantik didepan mantan biar doi nyesel. Untuk memberi efek muka yang lebih segar, tapi pemakainanya jangan berlebihan ya, disesuaikan sama acaranya aja. Dari 1-10 make up ini aku beri nilai 6. Penting sih, tapi nggak digunakan ya nggak masalah :D.

Terus skin care apa aja yang harus kita gunakan? Ehm, ini relatif sih, tergantung umur dan lingkungan yang kita tempati; ini tips umum pemakaian pelembab, dari yang aku tau;

Hand & Body Lotion
Ini manfaat dan hasilnya baru aku rasakan setelah ada kali setahunan aku pake; emang karna aku punya banyak bekas luka; taukan kalo gatel terus digaruk gitu? Iya karna aku suka banget telur, padahal udah tau alergi :/. Apakah hasil akan langsung terlihat? Enggak -__-, sayangnya enggak. Butuh beberapa waktu untuk ngeliat hasilnya, awal-awal pakai sih masih belum terasa manfaatnya, kok kayanya sama aja yah :/ Cuma lebih lembab ajasih. Pertama-tama pakai masih sering bolong-bolong, kadang pakai kadang enggak, ya sesuka hati aja. Dannnn sampai pada akhirnya aku bertekad untuk rutin pakai hand body lotion aku sampai habis, setiap hari aku rutinin pakai. Pas udah habis, baru keliatan kalau ternyata kulit aku tuh butuh banget hand body, kenapa? Karna tujuan hand body adalah merawat, menutrisi dan mengunci kelembaban sehabis mandi. Yang awalnya pakai hand body kulit aku lumayan lembab, enggak sampai busikan; setelah berhenti jadi ih kerasa banget lah kalau kulitnya gak endus. Oh iya jangan lupa untuk selalu SPF sebelum keluar rumah; kalau budgednya nggak memadai, ada banyak hand body yang menyertakan SPF. ^^
Jaman sekolah, waktu masih buruk rupa dan nggak ngerti caranya jadi cewek. Perhatikan bintik-bintik dikulitku deh :'(

Baru-baru ini, masih buruk rupa sih. tapi udah sedikit ngerti ^^.  Bintik-bintiknya udah lumayan menghilang :')


Toner
Kenapa penting? Karna setelah aku sadari toner ini bikin pengaplikasian pelembab  jadi lebih mudah meluncur, terus jadi lebih cerah, sama komedo jarang keluar; kalau untuk kondisi kulit aku sih. Toner ini ada 3 jenis; untuk kulit normal, berminyak dan kering. Semua disesuaikan sama keadaan kulit kita aja sih. Pemakaiannya habis mandi atau setelah cuci muka.

Pelembab
INI PENTING BANGET. Untuk menutrisi, mengunci kelembaban, merawat, pokoknya ini must have banget. Jangan sampai ketinggalan kalau keluar rumah. Muka juga rawan terkena serangan jahat sinar matahari, jadi jangan lupa pakai sunblock atau SPF dimuka kita, dan thankGod sudah ada beberapa pelembab yang juga menyertakan SPF jadi nggak dua kali kerja ^^

Lip Balm
Penting? Penting sih, karna bibir juga bisa butuh perlindungan, untuk siang hari atau aktifiktas outdoor disarankan pakai lipbalm yang berSPF minimal 15. Lipbalm ini udah kaya HP, harus dibawa kemana-mana. Habis makan atau apapun yang bikin lipbalmnya terhapus pasti selalu aku olesin lagi.  Atau saat bibir udah mulai pecah-pecah duh ihhhh, kudu banget bawa lipbalm. Untuk yang punya masalah bibir hitam atau pengen memberi efek warna di bibir, banyak sekarang lipbalm yang bewarna, eh gimana ya bahasanya; ya gitu lah. Pokoknya melindungi tapi tetep kece juga. Tapi jangan harap hasilnya kaya lipstick yang pigmented banget. Hasilnya bakal glossy dan sher banget. Cocok kalau cuma buat kesekolah atau sekedar main. ^^

Bedak
Option sih ini sebenernya bukan skin care, tapi nggak papa lah dimasukin sini :3, dulu jaman sekolah kadang pakai kadang engga. Pakai pun masih yang bedak tabur marck yang 11.000an itutuh. Bedak sejuta umat :p Sampai sekarang pakai sih, cuma karna formulanya yang kece banget buat wajah berminyak, sekarang-sekarang ini jadi jarang aku pakai; sejak kulit jadi berubah kering banget. Hiks, padahal ini bedak tabur paling ihiy kicimiw loh.

Semua yang diatas adalah Skin care rutin yang selalu aku terapkan. Nggak harus pakai semua skin care. Yang penting, bersih, terjaga  dan terlindungi. Maksudnya adalah; setelah cuci muka, jangan lupa dirawat dengan pelembab, jangan lupa dilindungi dengan SPF. Begitu juga sama badan dan bibir. ^^

Kalau kamu, skin care rutinnya gimana? Share di kolom comment yah ^^

You Might Also Like

1 Comments

Like us on Facebook

Flickr Images